KEGIATAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA
Profil pelajar Pancasila merupakan gambaran pelajar Indonesia yang merupakan pelajar sepanjang hayat yanag kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai dengan nilai- nilai Pancasila. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan pembelajarn lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan dilingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam profil pelajar Pancasila.
Projek penguatan profil pelajar Pancasila, sebagai salah satu sarana pencapaian profil pelajar Pancasila, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk “mengalami pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya.
Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila diatur dalam Kepmendikbudristek No.56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Berdasarkan Kemendikbudristek No.56/M/2022, disebutkan bahwa projek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila dilakukan secara fleksibel dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaan. Projek penguatan profil pelajar Pancasila dirancang terpisah dari intrakurikuler. Tujuan, muatan, dan kegiatan pembelajaran projek tidak harus dikaitkan dengan tujuan dan materi pelajaran intrakurikuler.
Prinsip projek penguatan profil pelajar Pancasila : 1) holistik; 2) konstekstual; 3) berpusat pada peserta didik; dan 4) eksploratif.
Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini diharapkan dapat menambah rasa percaya diri peserta didik, melatih kekompakan, tanggung jawab, dan dapat menjadi motivasi untuk belajar lebih baik lagi. Dengan adanya kegiatan ini, peserta didik akan memiliki kreativitas yang lebih baik.
Di SMA NEGERI 1 CEPOGO, telah melaksanakan dengan menggunakan sistem sesuai dengan alokasi waktu yang telah direncanakan dimana dilaksanakan pada kurun waktu satu minggu pada setiap bulan, yang dilakukan setiap hari Kamis dan Jum'at. Perhitungan waktu pelaksanaan P5 dalam 1 tahun 486 jam pelajaran atau 30% dari alokasi total jam pelajaran.
Dalam satu semester ini, telah ada dua tema yang sukses di projek tersebut yaitu:
➢ Proyek 1 dengan tema Bullying atau Perundungan.
➢ Proyek 2 dengan tema kearifan lokal.
➢ Proyek 3, yang akan dilaksanakan mulai bulan Februari ini, dengan tema kewirausahaan dengan budidaya pertanian.
Mengapa P5 itu penting?
"Dalam P5 memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengalami pengetahuan sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya yang sangat dibutuhkan untuk bekal hidupnya di kemudian hari."
Komentar
Jadilah yang pertama berkomentar di sini